Wednesday, February 8, 2017

Grup Kreativitas Mahasiswa

Kuliah saja tanpa pengembangan diri akan sangat membosankan, demikian pendapatku. Sebagai seorang eks mahasiswa  yang hanya fokus belajar untuk mendapatkan IPK tinggi dan berusaha melupakan bersenang-senang berlebihan, maka aku menyarankan agar mahasiswa agar memiliki kegiatan seimbang. Berorganisasi dan bersosialisasi ternyata sangat diperlukan untuk memicu kreativitas dan prestasi. 

Sejak tahun 2003, aku telah aktif membimbing program kreativitas mahasiswa. Awalnya mahasiswa hanya didorong untuk melakukan penelitian dan ikut lomba skripsi terbaik tingkat lokal. Bukan tanpa bimbingan khusus, grup mahasiswa tersebut dilatih untuk dapat menulis esai, karya tulis, presentasi, penelitian maupun menulis artikel ilmiah. Beberapa mahasiswa berhasil memenangkan lomba tingkat lokal maupun nasional (termasuk PIMNAS, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Alumni grup ini telah menyebar menjadi dosen, researcher maupun pegawai di dinas-dinas tertentu. 

Grup berikutnya dibentuk tahun 2013. Berbekal nama beberapa mahasiswa berprestasi di kelasnya, aku mengajak mereka aktif menulis proposal, karya tulis maupun esai. Beberapa tulisan mereka sangat layak dijadikan artikel untuk jurnal nasional maupun internasional. Berkat kesungguhan mereka dalam belajar, mereka menjadi sangat kreatif dalam berpikir, dan tekun memupuk prestasi di bidang riset dan penulisan. Mereka lulus dengan gemilang dan saat ini tengah bersiap-siap S2 di luar negeri. 

Grup selanjutnya terbentuk tahun 2016. Aku masih memikirkan cara untuk membuka kreativitas mereka dan membuat mereka jadi pembelajar mandiri. Sebenarnya semua berpotensi untuk sukses dalam bidang-bidang baru, seperti mengikuti summer course, tetapi mereka belum mau mendorong diri lebih jauh dari sekarang. Sebagai dosen aku perlu membimbing untuk mengarahkan mereka agar terus membuka diri, memperluas wawasan dan meningkatkan kreativitas diri agar selalu tetap bisa berprestasi. Mudah-mudahan tahun 2017 ini mereka akan lebih bersemangat untuk belajar menulis, meneliti, berpikir kreatif, aktif berbicara dalam bahasa Inggris dan masuk ke lingkungan internasional.

Sukses semua.


Pekanbaru,

No comments: