Tuesday, January 6, 2015

Tahun-tahun berjalan (2012-2014)

Ssst, kalau tahun 2012 lalu dalam hidup aku nobatkan jadi 'tahun administrasi', lalu tahun 2013 adalah 'tahun traveling',  maka tahun 2014 adalah 'tahun internationalization and networking'. 




Pada tahun 2012, karena terlalu banyak data administrasi pribadi yang harus diurus untuk jurusan, fakultas, universitas dan DIKTI, aku jadi sadar kalau rumah kami membutuhkan ruangan arsip! Bayangkan, aku harus menata ulang data diriku sejak Sertifikasi Dosen, pengisian BKD, IKD, SIPKD, SKP (untuk kepanjangannya silakan browsing saja ya) sampai kenaikan pangkat di DIKTI. Kelemahannya, adalah kehabisan waktu untuk melakukan hal tersebut, tetapi kekuatannya, adalah punya rekam jejak yang sudah rapih dan tinggal diteruskan saja.

Untuk tahun 2013, berhubung cukup banyak perjalanan ke beberapa kota dan negara (ada empat: Australia, Jepang, Singapore-Malaysia) untuk beraneka urusan  dari soal pribadi, akademis sampai soal administrasi KUI. Tahun 2013 adalah tahun yang indah sekali karena banyak acara wira-wiri. Most of the time berkaitan dengan urusan sekolah hubby, konferensi, jalan-jalan grand honey moon, ketemu alumni Australia, dan teman-teman pengelola KUI dari empat universitas besar. Pada tahun ini aku belajar tentang networking melalui Facebook, apalagi karena waktu tersedia untuk melakukan semua perjalanan sangat singkat, sehingga kenalan-kenalan dekat sangat membantu untuk mendapatkan jadwal pertemuan dengan bos-bos mereka.

Sedangkan tahun 2014, aku melakukan pekerjaan berat berjudul 'belajar Internasionalisasi' dari Yogyakarta, Bandung, Jerman, dan Medan selama beberapa bulan, sampai-sampai aku lupa fokus utama adalah riset geopolimer! Meski demikian, aku bersenang hati karena tahun ini aku bertemu banyak sekali teman-teman dari perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, berkenalan, berbincang tentang kehidupan dan mendapatkan motivasi dari seleb-seleb yang kutemui  sepanjang perjalanan (seleb peneliti terkenal, rektor-rektor universitas, mayor di Jerman, pengelola beasiswa Australia Awards, penulis sastra beken, dan seorang mantan menteri perdagangan). Alhamdulillah.

Semoga tahun 2015 akan menjadi tahun lebih menyenangkan dan penuh inspirasi.

Pekanbaru,

2 comments:

Unknown said...

Assalamu'alaikum Wr.Wb Mbak..
Nama saya Novi, dan sejak nemu blog ini, saya jadi ketagihan baca tulisan-tulisan Mbak. Menginspiradi dan memotivasi bgt. Dan lagi, ada satu postingan yang entah kenapa rasanya lagi 'kena' banget di saya saat ini. Jadi pengin bangt ngrobrol langsunh sama Mbak. Kalau berkenan, boleh nggak Mbak saya minta alamat emailnya? Hehehe.. Makasih Mbak, seneng bisa jadi pembaca blog ini.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
(idreamthese@gmail.com)

Monita Wibisono said...

Dear mbak Novi. Wa'alaikumsalam WrWb. Maaf baru reply ya mbak. Terima kasih untuk kunjungannya di blog ini. Ok mbak, nanti saya email mbak Novi:)