Tuesday, December 24, 2013

Mengaji lewat Youtube


Sudah beberapa bulan ini aku melakukan 'laundry hati' lewat kajian-kajian Ustadz Kazim Elias di Youtube. Alhamdulillah. 

Sebenarnya aku suka mendengar ceramah agama, tetapi lewat media. Kebiasaan ini tercipta sejak kelas 1 SMA dulu, saat kami diwajibkan mengumpulkan summary satu ceramah agama dalam seminggu oleh guru agama kami masa itu. Aku berterima kasih kepada bapak guruku tersebut, karena aku jadi mahir membuat ringkasan kuliah. Selain notetaking tadi, keahlian listeningku juga meningkat. Belum lagi kebiasaan mendengarkan ceramah di RRI tersebut membantuku menjaga ibadah sejak saat itu. Bertahun-tahun kemudian, aku dan mamaku menjadi penggemar radio HidayahFM. Subhanallah, aku seperti menemukan oase lama yang kucari-cari dalam hidup.

Di era internet ini, tentu saja aku dengan mudah beralih pada media video seperti Youtube.

Alhamdulillah, setelah menemukan Prof Muhaya, aku turut menemukan video Ustadz Kazim. Video inilah yang pertama aku lihat. Menyentuh dan lucu, kan?

Sejak saat itu aku mulai rajin mengunduh video-video Ustadz Kazim setiap pagi. Hari-hari Insya Allah dimulai dengan video Ustadz Kazim. Tiap aktivitas selalu diiringi ceramah Ustadz Kazim. Memasak, belajar, menyapu, membereskan rumah, bahkan saat menyetir juga harus mendengarkan Ustadz Kazim. Aku bertekad mengaji lewat Youtube karena hal itulah yang sempat kulakukan saat ini.

Alhamdulillah. Setelah 21 hari, aku merasa lebih tenteram dan lapang. Mataku seperti dibukakan pada keindahan hidup. Subhanallah, Allah yang memberikan hidayah dan rahmat, sehingga banyak mengetahui tentang kebesaran Allah dan pengetahuan tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW. 

Semoga ketenangan jiwa ini selalu lestari meski mengaji lewat Youtube.

Pekanbaru,

No comments: