Sunday, May 31, 2020

Concretor

Kadang-kadang aku teringat masa-masa seru PhD study di Curtin University. Berikut aku post salah satu episode sekolah tersebut: Concretor.

"Nasib baik istri saya tak buat riset Concrete... kalau tak, habislah saya penat bantu-bantu dia, macam Gunawan", gitu kata Hakim, my officemate.

Hakim terlihat sangat terkejut saat melihat tampilan aku dan Gunawan (my hubby) yang baru kembali lab. Setelah berkaca sedikit, aku ikut terkejut melihta baju kami penuh debu pasir, percikan beton basah, jilbabku udah miring-miring... wajah berminyak kecapekan, sepatu safety-pun udah ga keliatan lagi bentuknya karena berlumuran debu dan tanah! 
Patutlah Hakim jadi shock!

Tapi kalau sudah melihat hasilnya seperti ini (foto berikut), rasanya tidak perlu ada kesedihan akibat komen shock tadi.



Waktu ambil topik riset, rasanya udah tau kalo kerjaanku bakal jadi concretor. Berhubung waktu di UK dan UNRI ga pernah ngerjain sendiri, jadi aku tidak memiliki bayangan skala pekerjaannya, termasuk skala capeknya nyiapin kerikil, pasir, dll, apalagi yang namanya concrete mould, definitely boring abis membersihkannya!

Paling ga nyangka kalo harus nyiapin semua sendiri.
Jumlah teknisi terbatas, terus kayaknya mereka mesti ngerjain macem-macem hal, jadi kalo mau cepet, mendingan prepare semuanya sendiri dan bikin rencana sendiri.

Apalagi bikin-bikin beton itu bukan pekerjaan satu hari saja.
Awalnya kita mesti prepare larutan NaOH dulu.
Mesti booking fume cupboard dulu, terus ambil NaOH pellets, distilled water, dan scale.
Buat NaOH 14 M. Harus sangat hati-hati, soalnya pakai konsentrasi tinggi.



Setelah membuat, mesti prepare aggregates.
Sekop dulu di stockpile sana, kemudian bawa dengan bucket ke dalam lab, beri air, biarkan 24 jam supaya saturated.
Besoknya hamparkan di tray, biarkan jadi SSD sampe sehari berikutnya.
Kalo aggregate ready, kita timbang sesuai mixture proportion. Fly ash juga perlu ditimbang. 



Yang paling challenging, scaling alkaline solution. Timbang baik-baik, jangan ada yang tumpah lalu mubazir. Siapin dulu satu per satu, kemudian sesuai dengan urutan saat akan membuat sampel baru dicampur: NaOH, sodium silicate, air dan superplasticizer. Superplasticizer dicampur pelan-pelan sampe merata dan tidak ada gumpalan.



Waktu bikin beton, peralatan slump, semua silinder, pan mixer, material harus sudah ready dan dibasahkan sedikit.
Setelah beton jadi, mulailah saat-saat mendebarkan karena harus uji slump sambil masukin adukan ke silinder.
Masukinnya cepat, tapi... compactionnya, perlu 3 layers, 60 manual stroke.
Walah-walah... so, per silinder 180 strokes.
Waktu bantu Helen dulu, ada Adam, aku dan Helen.
Kita sama-sama compaction, tapi Helen selalu paling cepat, aku dan Adam selalu belakangan.
Aku udah syak nih, pasti pake bahasa Chinese ngitungnya... kok cepet amat?
Hehehe... ternyata benar! Kalo pake bahasa Indo kan misalnya "dua delapan, dua sembilan"... sama lamanya dengan "twenty eight, twenty nine!"... hahaha...



Angkat-angkat berat seperti di gym udah jadi kebiasaan kita sehari-hari.
"You don't have to go to any gym. I have quitted from any gym last year. Really don't need to do it," kata Helen, my research mate yang thesisnya tentang balok geopolymer.
Bukan main, kalo nyiapin material, Helen perlu dua minggu untuk dua buah beton sepanjang 2.5m. Kalo diitung2 kasar, at least dia mesti nyiapin 200kg kerikil dan pasir.
Belum lagi fly ash, berdebu2, sampe lusuh wajah kita! Tapi, bener juga apa yang dikatakannya. Tiga tahun setelah itu dia jadi kurus dan sangat atletis... hihihi...



Awalnya aku suka kecapekan, badan pegal-pegal, pinggang rasanya mau patah. Padahal baru bikin 20 silinder, bareng Helen, dan itupun, dia juga yang angkat lebih banyak. Baru angkat 30kg aja aku udah ngomel-gomel dalam hati, pake dibawa lagi ke Supervisor kalo kerjaan itu semuanya bikin pegel!!! Tapi, berjalan dengan waktu dan kebiasaan, Alhamdulillah, setelah 6 bulan, sudah lupa tuh, sama semua rasa capek tadi! Nyekop kerikil dan pasir sampe 8 bucket aja udah ga pernah pegel lagi. Angkat 20 silinder, bikin beton terus kerja di perpus sampe sore, syukurlah sekarang udah ga begitu kecapekan. Wow, what a magic!!!
Itu dari segi perbaikan pada body, sedangkan untuk skill lain, ada dong.

Aku udah tidak takut lagi angkat berat... so pasti, hehehe... ga takut lagi pake mesin sand blasting buat bersiin silinder. Mesin ini, bener-benar invention yang invaluable (tak ternilai).
Biasanya kalo kita bersiin silinder, kita perlu 2-3 jam buat duduk di depan air nyuci2.
Semua yang keras-keras perlu diketuk2 supaya hancur, belum lagi nghalusin bagian dalam supaya hasil cetakannya mulus dan tidak berpori.
Dengan mesin sandblasting yang ajaib tadi, kita cukup tekan pedal gas, lalu tembakkan pasir ke silinder (di dalam mesin), dan voila! Kotoran bandel langsung luruh seketika... ajaib tenan! Dulu 10 silinder 2 jam, sekarang 12 silinder 1/2 jam! Efisien banget.



Aku juga belajar memotong steel bar.
Gampang sih, cuman ditaruh aja di clam, penjepit, terus turunkan pemotong dan biarkan saw tadi memotong sendiri. Bener-bener bagus... Bisa ditinggal ke lab lain, tapi uppsss... better not to do it, soalnya bakalan ga enak kalo ada yang mau make. Terus, saw-nya bener2 tajam yah. Jadi mesti ati-ati...

Memotong beton? Ini nih, pelajaran baru.
Tadinya kuatir banget kalo nggak safe kerjanya. Taunya setelah dicoba, ketagihan nih, mau motong-motongin beton yang banyak...
Dasar ibu rumah tangga, hobi motong2 sayur... hihihi... Terus aku berlatih baik-baik supaya bisa motong concrete bagus-bagus, biar hasil test absorption-nya bagus.

Oh well, jalanin mesin compressive strength sendiri, nyiapin aggregat di tray, ngidupin mesin mixer dan vibrator table sampe pake handheld stick vibrator sudah aku cobain semua.



Deep in my heart, aku very grateful to Allah, Alhamdulillah, karena semua kesulitan yang datang dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan di lab akan membantu aku menjadi orang yang sabar, disiplin dan kreatif. 

Aku ga kuatir lagi kerja di lab beton dan jadi concretor. Insha Allah. Aku selalu minta kekuatan dari Allah, mudah-mudahan target 1000-an sampel bisa dibuat, yah, supaya lebih banyak data maka semakin bagus laporan tesisnya.

Pekanbaru,
Perth 2007

No comments: