Sunday, August 9, 2009

Toge

Kusuka toge, kecambah kacang ijo yang crunchy. Berhubung di depan apartment ga ada tukang sayur, jadi bisa beli toge cuman seminggu sekali di Kongs. Itupun tahan selama dua hari saja.

Pikir, pikir, kenapa ga ditanam sendiri di apartment? So, supply toge segar selalu ada.

Setelah melakukan eksperimen berkali-kali, akhirnya aku menemukan cara bikin toge yang cukup memuaskan hati.

Pertama, rendam kacang ijo, sekitar segenggam kecil selama dua hari. Selama masa perendaman, jangan lupa tukar airnya kalo udah menguning. Terus rendam, sampe kacangnya membesar, ada tunas kecil dan kulitnya agak terbuka.






Kedua, siapkan wadah plastik yang dilapisi paper towel ato kain putih bersih. Lalu masukkan kecambah tadi tanpa air perendam. Tutup dengan paper towel lagi atau kain. Kemudian basahi paper towel/kain dengan cara memercikkan air sampe basah, tapi ga terendam. Simpan wadah itu di dalam lemari/oven yang gelap.






Ketiga, tiap pagi percikkan air ke atas paper towel/kain sambil dicek apa batangnya udah mulai panjang. Kegiatan ini perlu dilakukan selama dua/tiga hari, tergantung musim. Kalo lagi winter, agak lama. Jangan lupa dicek tiap pagi aja, kalo supaya ga kering. Waktu memercikkan air, jangan terlalu basah sampe kecambah terendam, soalnya nanti togenya busuk.




Keempat, setelah kulit ijo terkelupas, akar cukup panjang, kalo mau dipanen, silakan aja. Rendam dalam air, biarkan sebentar, lalu pilih dan cabut kulit yang masih menempel di kepala kecambah. Kalo mo cepat, ga usah dicabut kulitnya. Tapi kalo mo dimasukin soto, well, coba deh dicabut yang sabar. Minta bantuan hubby yang lagi nonton tipi kayaknya ga papa tuhh…






Well, lumayan deh, jadi ga perlu nunggu bis ke Kongs dulu kalo mo makan toge. Bisa bikin supply tiap hari.




Perth,
di mana ada kemauan, di situ ada jalan...