Wednesday, March 18, 2009

3 Basic Laws for the Scientist Wanna be


Tiga laws ini saya temukan di buku Federico Rosei, 2007, Survival Skills for Scientists. Tiga laws yang menurut beliau, perlu dilatih secara disiplin dan terus-menerus sehingga kita bisa sukses berkarier jadi scientist.

First law, “Know thyself”, atau “Know yourself”, maksudnya amati diri kita sendiri, apa kelebihan dan kelemahan kita lalu berusaha untuk memperbaikinya. Mengetahui diri sendiri, bikin kita lebih mudah membuat cita-cita hidup yang realistis. Misalnya, kata Federico, “do not try to be the perfect scientist, try to be the best scientist you can be”.

Second law, “Know thy tradecraft”. Tradecraft, maksudnya keahlian yang diperlukan dalam menjadi scientist. Misalnya cara menulis paper/artikel jurnal yang ingin dibaca orang, cara presentasi menarik yang suka didengar orang, belajar cara menjawab interview, cara berkomunikasi dengan orang penting yang dapat menunjang karier dan ambisi kita.

Third law, “Know thy neighbor”. Untuk bisa sukses berinteraksi dengan orang lain, kita harus memperhatikan kebutuhan orang yang berkaitan dengan interaksi kita tadi, misalnya pembimbing, pendengar di seminar kita, pembaca artikel kita atau penguji. Coba bayangkan kita berada di posisi mereka, bagaimana keinginan mereka terhadap kita, sehingga kita bisa melakukan pekerjaan yang terbaik untuk mereka.

Kalo menurut saya, 3 basic laws ini berlaku untuk semua bidang kerja. Tahu diri kita, tahu keahlian yang diperlukan dan tahu orang lain di sekeliling kita, menjadi modal utama dalam tiap profesi. Jadi, gunakan 3 basic laws ini dalam tiap pekerjaan apapun yang kamu lakukan sekarang, baik professional maupun casual.

PS: Know Thyself; a famous Greek maxim that is attributed to any number of ancient Greek philosopher like Socrates.

No comments: