Friday, April 23, 2010

Hasbunallah wa ni'mal wakiil...


A tribute to mamaku, yang sudah mengajarkan amalan ini.

Kadang-kadang dalam hidup, kita sampai pada satu titik paling kritis yang tidak dapat dielakkan. Kita mesti menjalaninya walau dengan sangat terpaksa sekali. Pelan, perlahan, kadang berhenti dan ingin menghentikan waktu. Ada apa ini?

Berarti saat itu kita sedang dalam kondisi paling kritikal, yang membuat kita maju-mundur dalam melaksanakan sesuatu. Hati kita menangis, pikiran kita penuh, jalan menjadi buntu, semua terasa mendorong kita ke sana-ke mari, hanya Allah Maha Tahu apa yang sedang terjadi.

Saat itulah, kita kadang baru sadar, sedang jauh dari Allah. Perlu dekat-dekat kembali, meminta belas-kasihan Allah agar diberi kemudahan dan jalan keluar yang terbaik. Saat itulah, terlihat bahwa manusia yang kita kira dapat membantu kita, hanyalah manusia, sama dengan kita sedang dililit masalah juga. Jadi, bersabarlah, dan ucapkan,

Hasbunallah wa ni'mal wakiil,
maksudnya 'cukuplah Allah yang menjadi penolongku'

Sebutlah ayat itu berulangkali sampai hati menjadi lega dan kuat. Percaya bahwa Allah sebaik-baik pemberi petunjuk dan pemilik semua urusan. Hati kita yakin, bahwa Allah memberikan kepahitan ini untuk mengingatkan bahwa manusia adalah hambaNya. Segala perkataan negatif orang-orang dan pikiran negatif yang menambah beban di dada, Insya Allah diangkat Allah perlahan-lahan... mengembalikan keyakinan diri bahwa masalah itu akan dapat diatasi.

Terima kasih mamaku yang selalu mengingatkan untuk membaca Bismillah, Alhamdulillah, Istighfar dan Hasbunallah wa ni'mal wakiil...

Semoga Allah selalu melindungi mama dan papa.

Perth,