Monday, October 6, 2008

In the next ten years...


Aku punya banyak keinginan. Semua itu telah kutuliskan dalam daftar 50 Hal yang ingin kulakukan sebelum mati di diaryku. Menurutku itu ide yang bagus, bikin kita selalu punya aktivitas dan rencana untuk dijalankan. Semuanya tidak perlu terlaksana tiap tahun... kan rentang waktunya seumur hidup. Setiap aku bosan dengan sesuatu atau sedang tidak ada kegiatan, aku melihat daftar itu dan mulai mengerjakan sesuatu sesuai yang kupilih dari daftar. Acak saja, tergantung yang kita inginkan saat itu.

Aku belum menggenapkan daftar keinginanku menjadi 50 item, Insha Allah, baru 35 item saja. Dari semua itu aku baru menyelesaikan 10- 15 hal. Diantaranya kursus menjahit, jalan-jalan ke luar negeri, sekolah di luar negeri, dapat nilai TOEFL yang tinggi (recently di atas 550-lah), belajar menulis cerpen yang baik, dan membuat masterpiece dalam education (hibah pengajaran).

Walaupun belum semuanya tercapai, aku tetap bersemangat mengerjakan satu demi satu cita-cita. Saat ini aku tengah bekerja keras untuk menjadi peneliti handal (dapat dikatakan mungkin berhenti saat aku sudah ga mampu), penulis cerpen terkenal, dosen yang baik, dan mendapat beasiswa untuk PhD. Semua itu butuh kerja keras tidak sedikit. Bisa jadi satu keinginan hanya dapat dicapai dalam waktu satu tahun. Tetapi untuk itu saja aku sudah bersyukur setengah mati.

Sepuluh tahun lagi, aku ingin sekali bisa membuat kursus bahasa Inggris anak-anak, juga TKA dan TPA untuk anak-anak tidak mampu. Aku merasa itu adalah cita-cita yang membutuhkan dana besar dan mental baja. Sekarangpun aku telah bersiap mencari info untuk mengusahakannya. Aku juga ingin memiliki profesi sampingan sebagai desainer interior, (mungkin) sepuluh tahun lagi. Disamping itu aku juga ingin sudah meraih gelar Doktor, karena hal itu akan berkontribusi banyak untuk cita-cita lainnya di masa depan.

So friends... apapun dia, cobalah buat list beberapa hal yang ingin dilakukan sebelum mati. Kerjakan saja pelan-pelan... ga perlu merasa harus terlaksana dalam satu bulan. Pilihlah kegiatan yang bermanfaat dan bikin kita bisa berkontribusi lebih banyak ke orang lain. Lalu tick tiap hal yang sudah kita capai... pasti kamu akan bangga berat, ga sangka tiap hal yang ingin kita lakukan bisa terlaksana.

Mudah-mudahan setelah itu, apa yang kita kerjakan selalu hal-hal berguna... agar kita menjadi manusia yang paling banyak manfaatnya di tengah umat manusia ini.

Tetaplah berusaha… SEMANGAT!!!

Perth,
ketik ulang dari Newsletterku tahun 2005 lalu... untuk menyemangati diri saja...