Thursday, January 15, 2009

Personal Financial Planning


Ini baru buku seru…

Personal Financial Planning- an Australian Perspective
Lawrence J Gitman, David S Morrison, Michael D Joehnk
Penerbit Thomson, 2007


Perencanaan keuangan/financial planning, bukan barang baru dalam kehidupan kita sebagai orang dewasa. Begitu lulus kuliah, ketika kita masuk dunia kerja maka semua kebutuhan jadi tanggungan kita sendiri. Saat itu juga, kita mesti bisa membuat perencanaan keuangan, walaupun mungkin gaji pertama kita belum terasa mencukupi untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Hal menarik yang saya amati selama saya berada di luar negeri, adalah kemandirian para mahasiswa dalam mengatur keuangan sendiri. Kadang-kadang mereka harus meminjam—student loan ke bank untuk biaya kuliah. Setelah bekerja, mereka dapat melunasi pinjaman tadi dengan cara mencicil. Selain itu, saat mulai bekerja, mereka langsung berani mencicil rumah dan mobil. Bisa dibilang keduanya jadi barang penting dalam hidup pekerja baru ini. Bandingkan dengan kita yang mungkin menunggu 2-3 tahun, ngumpulin DP (down payment) dulu, baru berani kredit… Jelas beda!

Sistem buku ini seperti study book, lengkap dengan materi belajar step-by-step, online sources, contoh-contoh riil dan panduan perencaan keuangan basic seperti kebutuhan dasar, investasi, tabungan, kredit, pajak dan tabungan pension. Tiap panduan dibuat serinci dan senyata mungkin, sehingga kita bisa mensimulasikan keadaan kita sendiri. Buku ini juga dilengkapi worksheet untuk membantu kita dalam menghitung keuangan, membuat financial statement, menghitung asset serta menentukan prioritas keuangan di masa depan.

Bagian paling menarik bagi saya sebagai pemula, adalah Managing basic assets, yang berguna untuk kita sehari-hari. Basic assets yang dimaksud adalah cash, saving, car and housing. Cash and Saving menjelaskan tentang bank, cara menyimpan yang mendatangkan hasil (catatan saya: usahakan pilih bank Syariah supaya tidak terkena riba, atau account tanpa fee/bunga), kemudian penggunaan internet banking, serta kartu kredit. Car and Housing bercerita tentang pemilihan car dan housing yang sesuai dengan budget kita, cara kredit rumah dan mobil serta pengelolaan keuangan setelah mengambil kredit.

Setelah kita bisa mengelola basic assets, barulah kita menginjak pada skema investasi (deposito, saham, reksadana), maupun property seperti rumah dan tanah. Investasi seperti ini akan berguna karena nilai futurenya lebih besar dari nilai saat ini. Di masa depan, nilai uang akan lebih rendah dari nilai sekarang. Oleh karena itu, membeli assets yang harganya mengikuti harga uang di masa depan akan lebih menguntungkan. Ingat tidak, ortu kita beli tanah, emas, rumah, kemudian saat kita butuh biaya sekolah, asset itu bisa dijual kembali dengan harga sesuai saat ini.

Buku setebal 550 halaman ini memang bukan bacaan tidur yang nyaman. Tapi tiap contoh kasus, akan membantu kita memahami bahwa perencanaan keuangan itu tidak sulit dan semakin dini kita mengetahuinya, maka semakin selamatlah kondisi financial kita di kemudian hari.

Perth,
Financial planning itu kenyataan hidup orang dewasa

No comments: