Sunday, January 25, 2009

Volunteering works


Aku sudah dua kali jadi volunteer di kegiatan kampus Curtin sejak sekolah di sini. Pertama, jadi volunteer acara Open Day dan yang kedua, jadi volunteer Open Day tahun berikutnya, hehehe... Kerjaannya cuman berdiri di depan stand Civil Engineering Dept, terus membantu orang-orang yang butuh info tentang Jurusan dan risetku.

Volunteer, kan artinya tenaga suka rela, ya kan?

Tiap orang yang mau menggunakan keahlian dan bakat untuk membantu orang lain in needs, dan melakukan sesuatu tanpa dibayar, itu namanya volunteer. So, konsep volunteer ini sangat mulia, karena masih menyempatkan diri mengerjakan sesuatu suka rela tanpa dibayar dan merelakan waktu mereka. Kalo biasanya casual worker minimal dibayar $20 per jam (ato sekitar Rp 140.000), kebayang, kan gimana ’mulia’nya si volunteer ini...

Di negara-negara Barat, kerja volunteering ini dilakukan orang tidak hanya buat mengisi waktu luang saja, tapi bisa jadi peluang besar untuk mencari... ehm, jodoh. Dalam koran terbaru (iya, iya, Sunday Times bulan lalu... STM), ada sebuah artikel menarik tentang volunteering works yang bisa jadi ajang bertemu jodoh. Lha ini, serunya.

Sekarang ternyata makin banyak para jomblo-ers mencari Mr/Ms Right mereka di kegiatan yang lebih meaningful, daripada di tempat-tempat umum seperti cafe atau party. Tiba-tiba kegiatan volunteering banyak diminati para jomblo-ers (ngarang istilah nih...) sampai pihak pengelola kegiatan sosial tersebut kadang kewalahan mengkoordinir para volunteer. Menurut para jomblo-ers, ikutan kegiatan sosial seperti itu membuat hidup mereka berwarna dan ceria. Dalam proyek amal seperti itu, mereka kadang lebih mudah bertemu dengan lelaki/perempuan yang (mungkin) saja berhati emas. Bekerja sama dalam sebuah proyek amal menjadikan mereka lebih leluasa menilai lebih jauh seberapa care ’seseorang’ terhadap orang lain. Kemudian, semakin lama kita berada dalam sebuah kegiatan, mungkin aja kita bisa lebih banyak mengenal orang-orang secara profesional bahkan secara romantis. Selain itu, menurut mereka, kalo ga ketemu siapa-siapa pun, kita toh senang karena sudah membantu orang lain.

Menurutku ya, kerjaan volunteering ini memang salah satu alternatif bagus untuk membantu orang lain disamping mengembangkan network kita. Banyak sekali kesempatan bertemu orang-orang inspiring dan membina jalinan persahabatan jangka panjang dalam kegiatan ini. Tetapi jangan lupa, niat awal volunteering itu... untuk membantu orang-orang yang membutuhkan dengan skill dan bakat kita, ya...

Bukan cari jodoh, thok....

Perth,
being a part of any volunteering organization is my next dream...

No comments: