Saturday, May 31, 2014

Sensor Dinamis


Salah satu personaliti menarik di tempat kerja adalah tipe 'high potential'. 


Tipe ini sering menghasilkan pekerjaan dengan hasil terbaik, menguasai keahlian baru, dan memahami bahwa perilaku baik merupakan modal penting untuk sukses. 

Dari artikel 'Are You a High Potential', oleh Douglas A. Ready, Jay A. Conger dan Linda A. Hill (Harvard Business Review 2010) disebutkan bahwa para 'high potential' memiliki empat aset penting dalam bekerja. Aset-aset tersebut merupakan keinginan untuk maju, kemampuan belajar seperti katalis, semangat menginisiasi sesuatu, dan sensor dinamis.

Para pekerja dengan karakter 'high potential' memiliki sensor dinamis untuk berada di tempat tepat pada saat yang tepat pula. Mereka dapat merasakan kapan waktu yang paling tepat untuk bergerak karena memiliki kemampuan membaca situasi dengan cepat. 

Orang-orang tersebut tidak selalu mengikuti keinginan dirinya secara impulsif atau tergiur mendapatkan keuntungan dengan cepat dan mudah. Mereka sabar menunggu hingga saatnya tiba, yakni saat dirinya telah yakin bahwa ia mampu mengerjakan sesuatu. Penerimaan atasan dan rekan kerja bahwa mereka adalah orang berkompeten untuk mengerjakan sesuatu sering menjadi faktor penentu keputusan mereka dalam menerima tawaran promosi.

Mereka memainkan 'sensor'nya dengan benar, dan siap memimpin ketika telah diperlukan suatu hari.

Pekanbaru,
 




No comments: