Tuesday, April 7, 2009

Apa maknanya berjuang?



Dulu, aku pernah mengeluh pada salah seorang seniorku di kampus. Aku merasa Allah selalu menyuruhku berjuang keras terlebih dahulu sebelum mendapatkan sesuatu. Aku perlu berusaha berminggu-minggu untuk mengerti sebuah soal yang diberikan dosen, sedangkan seorang temanku hanya perlu dua hari untuk mendapatkan jawaban soal-soal yang kami kerjakan bersama. Aku juga perlu bangun tiap malam untuk belajar, datang ke rumah senior untuk belajar bersama dan hampir semua waktu kuhabiskan untuk belajar. No time without leaving my desk study. Sementara banyak juga teman-temanku asik-asikan jalan-jalan bareng pulang kuliah, pulang ke rumah tiap minggu maupun tidur semalaman tanpa kuatir tidak bisa menyelesaikan tugas. Aku merasa hal itu sungguh tidak adil...

Seniorku mendengarkan keluhanku dengan sabar. Saat aku selesai, beliau cuma bilang, "Bersyukurlah dik, kalo begitu. Berarti kamu disayang Allah".

Ha? Disayang bagaimana ini, pikirku. "Maksudnya, kak?" tanyaku tidak mengerti.

"Iya," beliau melanjutkan pembicaraan. "Intinya, kita memang harus selalu berjuang untuk mendapatkan yang terbaik. Tiap kamu berusaha, saat itu juga kamu sadar bahwa sesuatu yang baik itu tidak mudah. Seperti halnya masuk surga... perlu banyak beribadah dan berbuat baik untuk bisa ke sana. Semua yang kita perjuangkan apalagi untuk hal baik, Insya Allah ganjarannya lebih besar.”

"Apalagi untuk mencapai sesuatu yang besar dalam hidup, tentulah kamu perlu berusaha dengan keras, tekun dan bersabar. Jika kamu sudah mengerti intinya berjuang, Insya Allah apa yang kamu inginkan nanti bisa kamu dapatkan dengan sikap yang sama. Karena telah melalui perjalanan yang sukar, maka kamupun akan makin menghargai apa yang telah kamu perjuangkan jika dapat nanti. "

Aku mengangguk-angguk pelan. "Tapi kak, apa akan selalu begini?" tanyaku kuatir.

"Insya Allah... dan jangan kuatir. Kita beruntung karena harus melalui hal seperti itu."

Pembicaraan itupun ditutup dan aku masih saja belum mengerti.

Bertahun-tahun kemudian, tanpa kusadari, dengan pola yang sama aku terus menjalani hidupku. Aku harus selalu mendorong semangatku dengan keras agar memiliki masa depan yang baik. Perlu menemukan trik-trik tersendiri untuk melakukan sesuatu yang ingin kulakukan. Butuh doa-doa dari orang tua dan keluarga untuk memperkuat semangatku. Selain itu janji-janji pada Allah untuk menjadi yang terbaik kelak, agar keinginanku dikabulkan. Semua rasa sakit dan perih saat berjuang aku lalui dengan tabah dan tekun. Tiap usaha terasa sungguh bermakna. Kadang-kadang hal yang tidak mudahpun aku syukuri, sama halnya dengan hal yang mudah. Airmata mengalir dari mata lelahku saat meminta pada Allah agar diberikan kemudahan saat menjalani semua usahaku.

Jika tidak dapat, aku coba terus sampai bisa dapatkan yang cukup baik. Tetapi jika sudah dapat, selain bersyukur, aku tidak lupa merekamnya dengan baik untuk referensiku di kemudian hari. Aku ingin berbagi pada orang yang memerlukan... tenaga, doa, bahkan dengan sedikit harta yang kumiliki ini.

Singkat kata, perjuangan jangan dianggap hal yang melelahkan. Saat ini di mana orang selalu mencari short cut atau jalan pintas untuk semua hal, berjuang step by step bukanlah hal praktis. Padahal tiap langkah yang kurang praktis itu sebenarnya mengandung makna besar. Tidak ada juara instan maupun ahli instan. Tiap orang perlu bekerja keras sedikit demi sedikit untuk mengakumulasi keahlian dalam dirinya. Segala akumulasi keahlian itu yang di kemudian hari akan berguna sebagai back-up dalam mencapai sebuah kesuksesan.

Jangan sedih lagi ya, kalau semua terasa sukar sekarang...

Perth,
Aku percaya kekuatan doa pada Allah. Meminta padaNya merupakan hal yang menguatkan semangatku. Aku tahu Allah akan memberikan apa yang aku butuhkan, bukan selalu apa yang aku minta. Untuk itulah petunjuk Allah jadi hal terpenting dalam tiap langkah dalam perjalanan-perjalananku. Bagi yang sedang menempuh perjalanan heroik dalam hidup, amalan shalat Tahajjud, Hajat dan Dhuha merupakan usaha ampuh disamping usaha fisik kita. Insya Allah, semua itu akan menguatkan semangat dan menghilangkan rasa malas dalam berusaha.

No comments: