Friday, October 14, 2011

Ketika aku... bukan berhenti nge-blog, tapi sibuk hal lainnya



Sejak pulang ke tanah air, aku masih sering nge-blog. Belakangan ini, waktu untuk nge-blog agak berkurang, karena aku sibuk memperbaiki sebuah paper yang telah ditagih publisher dan mempersiapkan keberangkatanku ke Perth.


Kembali ke Perth?

Betul, tetapi hanya beberapa minggu saja. Perjalananku kali ini berkaitan dengan konferensi Concrete11 di Burswood, Perth, 12-14 Oktober 2011; bertemu dengan supervisor mengenai thesis dan tentu saja, menemui hubby tercinta.


So pastilah, ini bukan soal rasa hati yang excited untuk menikmati musim semi di Perth. Tetapi, sepertinya kesempatan baik pula untuk recharge ilmu praktisi di lapangan, sekalian mendapatkan umpan-balik mengenai risetku dari para praktisi beton di Australia. Sudah bukan rahasia umum kalau riset beton geopolimer kerap mendatangkan aura skeptis di mata para praktisi lapangan tadi. Sekarang, who knows, sejak carbon tax akan diterapkan dalam industri di Australia, beton geopolimer bisa jadi alternatif binder yang paling laku di pasaran.


Jadi, apa hasilnya menghadiri conference itu?

Beberapa sesi kuikuti karena berkaitan dengan minat risetku, seperti durability, concrete technology dan geopolymer. Seperti biasa, aku seperti mendapatkan energi baru, apalagi jika ada poin-poin penting yang sangat berhubungan dengan risetku. Trend untuk hitung-hitungan emisi karbon yang dihasilkan industri beton sepertinya sedang naik daun.


Setelah mendapatkan kesempatan presentasi dan dihadiahi berbagai pertanyaan, komentar dan kritikan, aku semakin percaya diri kalau beton geopolimer masih mendapat perhatian besar dari praktisi di lapangan. Semua ini ditandai dengan komentar dan pujian yang masuk mengenai presentasiku, termasuk dorongan untuk tetap menemukan cara untuk memperbaiki sifat-sifat beton tersebut. Beberapa praktisi lapangan yang kukenal memberikan gesture positif mengenai masa depan geopolimer. Dengan sedikit menyesal karena tidak bisa melanjutkan riset beton geopolimer di Australia, aku bertekad akan terus mengembangkan pengetahuanku di bidang potensial ini.


So,

cukuplah laporan pandangan mata dan hati soal konferensi yang membuat diriku tak punya waktu untuk ngeblog dua minggu belakangan ini. Sampai jumpa di tulisan mendatang.


Perth,

No comments: