Saturday, July 11, 2009

Our Brain


Otak beratnya hanya sekitar 2% dari berat tubuh, tetapi organ kecil ini menjadi sumber kekuatan dalam tubuh seseorang. Otak membutuhkan tantangan dan rangsangan agar tetap berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya kita perlu memberikan latihan-latihan yang berguna, makanan yang baik dan tidur yang cukup pada otak kita.

Latihan (mind games) sangat diperlukan otak, karena otak selalu berproses (neurogenesis) setiap waktu. Agar otak berproses seperti itu, maka kita perlu melakukan sesuatu yang baru. Anak-anak kecil biasanya suka melakukan sesuatu yang baru setiap waktu. Hasil penelitian di Perancis, menyatakan bahwa membuat pe-er, membaca, bermain puzzle seperti Sudoku dan Scrabble, merupakan contoh brain training. Segala sesuatu yang membuat otak bereaksi dan berpikir cepat, membuat otak kita excited dan akan terus berfungsi baik. Memberikan pressure pada diri sendiri, kadang membuat otak gembira, karena ada sesuatu yang harus diproses. Itulah sebabnya, kalau mengerjakan sesuatu dalam last minute, kita kadang merasa mendadak cerdas. Padahal itu efek pseudo dari memberikan pressure pada otak. Kita juga bisa menggunakan game, terutama brain game (Nintendo) untuk melatih otak. Hanya saja, kita perlu juga melakukan latihan fisik untuk melengkapinya.

Makanan yang diperlukan otak ternyata cukup istimewa. Selain karbohidrat, protein, buah-buahan, telur dan susu, jenis buah berries (strawberry, blackberry, blueberry dan raspberry) ternyata berguna untuk syaraf otak kita. Kacang-kacangan dan omega-3 fatty acids (fish oil) termasuk makanan penting untuk otak. Fish oil atau minyak ikan dalam bentuk cair atau suplemen perlu jika kita kurang makan ikan. Kita perlu mengurangi lemak karena tidak memberikan keuntungan apa-apa untuk otak.

Tidur yang cukup membantu kita mengontrol selera makan. Kalau kita kurang tidur, makan tubuh akan terus meningkatkan selera makan, yang akhirnya membuat kita sulit mengontrol berat badan. Untuk otak, kita perlu step REM (rapid eye movement), yaitu step saat kita terlelap dan nyenyak agar otak dapat memulihkan diri dan berfungsi baik. Cukup tidur juga membuat kita lebih mudah mengelola stress. Jika kita sulit mengendalikan stress, maka kita rentan terkena stroke di kemudian hari.

Otak memerlukan 25% oksigen yang kita hirup. Oleh karena itu, bernafas dalam-dalam sangat dianjurkan saat kita sedang panik, agar otak lebih relaks dan alert. Cara bernafas yang baik adalah melonggarkan otot perut saat menarik nafas dan mengencangkannya saat mengeluarkan nafas.

Agar otak tetap sehat, lakukan hal berikut:
a) Lakukan latihan dan berikan tantangan pada otak, seperti melakukan hal-hal baru, membaca, menulis, berlatih musik, mengerjakan suatu project, bermain game positif atau melakukan aktivitas baru setiap hari.
b) Makan makanan sehat yang mengandung protein, karbohidrat dan buah-buahan. Makan vitamin dan fish oil untuk menjaga syaraf otak agar tidak cepat lelah.
c) Lakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, bersepeda, training di gym, berkebun, melakukan pekerjaan rumah.
d) Belajar untuk mengelola stress dan depresi. Cari jalan keluar, ask people or book, berdoa pada Allah.
e) Rileks dan tidur yang cukup. Sesibuk apapun, tetap usahakan tidur 7-8 jam sehari. Jangan pikirkan terus masalah tersebut, karena kita perlu istirahat juga.
f) Cek tekanan darah, diabetes, heart rate, kolesterol level.

Source: www.brainaustralia.org.au/healthy_ brain

Perth,
a capsul of fish oil a day, make the neurologist stay away…