Monday, January 3, 2011

Ati-ati kalo ada bule!


Lagi suka baca bulejugamanusia.blogspot.com. Asli, lucu en norak... kayak si Hilman & Lupus! Kadang-kadang yang diceritain hal bego-bego begitu, yang bikin kita ketawa keras-keras sendirian, upps! Terus, jago lagi bahasa Indonya, pake slang Jakarta, gue gitu lo! Kalo ketemu dia, sulit juga nih, mesti ati-ati. Siapa tau jangankan kita bisa ngerumpiin dia, salah-salah dia malah maksa ikutan ngerumpi! Coba visit deh... blognya.


Ngeliat orang bule cas cis cus bahasa Asia, seru juga ya? Aku pernah ketemu cowok OZ yang jago banget bahasa Cina, sampe kita speechless waktu dengar dia bicara. Tampang OZ, ngomongnya kayak Jackie Chan! Keren! Former PM Kevin Rudd juga jago bahasa Cina. Ga nyangka, kan? Ya iyalah, kan S1nya ambil jurusan Sastra Cina! Syukurlah mereka jago bahasa Cina, jadi ga perlu ati-ati kalo ngerumpiin mereka, kan pada ga ngerti!

***

Kayaknya mesti ati-ati kalo ketemu bule yang lagi belajar bahasa Indo. Soalnya, aku pernah dikenalin ma seorang cowok OZ oleh mb I di library. Dia langsung tanpa malu-malu ngajak latihan bahasa Indo! Kita berdua dilarang menjawab dalam bahasa Inggris ma dia, walaupun ngeliat tampangnya aja kita udah otomatis langsung ng-Inggris.

Alasannya, kalau kami kan bisa practice bahasa Inggris sering-sering ma orang-orang di sekitar kita selama di Australia.

Sedangkan dia, mana bisa sering-sering practice bahasa Indo ma orang-orang di sekitarnya!

Niat banget ga tuh? Alhasil kita ga jadi kerja atau motokopi paper nih, asik ngobrol ma si bule yang lagi latihan bahasa. Sebenernya kita agak mo ketawa gitu ndenger dia, karena bahasa Indonya baku banget, kayak pembaca berita di TVRI!

***

Suatu hari aku sedang kerja di library seperti biasa, mindahin buku-buku ke rak. Biasanya aku suka ngingetin kalau ada student yang nelpon dengan ribut di ruang baca. Suruh pindah ke koridor lift, biar ga ngganggu yang lagi baca dan lagi ngurutin angka-angka buku seperti aku ini! Nah, waktu itu aku sempet denger ada yang nelpon keras-keras, terus pake bahasa Indo lagi! Wah, anak Indo mana nih?

Dengan wajah disangar-sangarin aku mencari-cari sumber keributan tersebut! Setelah menyusuri ruangan dan mendekati pintu lift ketiga, alangkah terkejutnya aku melihat si penelpon.

Bikin kaget aja si penelpon itu! Bukan karena dia yang duluan ngagetin aku, tapi, ternyata dia seorang cowok bule berambut kepirangan (apa pantes ya) sedang menelpon dalam bahasa Indo dengan logat Sunda, saudara-saudara! Whuahaha, selain ga pantes (bule kok ngomong Indo), diapun sibuk merayu si penelpon itu pula pake bahasa gaul. Seru, seru... aku cengengesan melihatnya. Kali ini dia si bule dong, yang harus ati-ati, soalnya kita ngerti dia lagi nggombalin cewek!

***

Ada orang terdekat di lab nih, yang bikin kita ati-ati dan liat sana-sini kalo mau ngerumpiin teknisi, dosen atau sesama student kalo lagi nge-lab.

Om John, si lab manager yang asli Liverpool, UK, itu. Biar wajahnya nge-Beatles banget, ga taunya bisa bicara dalam ‘bahasa’. Itu hasil kursus di Indo selama enam bulan, loh, katanya, nggaya. Dia seneng banget kalo lagi pas bisa ngetawain staf atau dosen lain pakai bahasa Indo kepadaku.

‘Ih, dia ini gila ya’, celotehnya suatu hari sambil menunjuk bawahannya.

Huah? Yang dibilangin*gila* kesian banget, karena ga bisa ngebales setelah tau artinya.

Maklum boss, kalo protes bisa ga diperpanjang kontraknya nanti, atau bisa-bisa diomongin dengan kata-kata 'ajaib' lain dong!(*sambil mikir, pantes aja Carl and Andy belakangan ini rajin liburan ke Bali dan sibuk belajar kata-kata bahasa Indo. Apa biar pada tau kalo lagi di-abuse pake bahasa Indo ma Om John ya?*)

***

Tetapi ati-ati kalo ada bule yang seperti ini, diam-diam, tapi...

Saat itu kita sekeluarga sedang menunggu bis berangkat ke KL dari Singapore. Semua calon penumpang pakai berdiri dulu di depan bis, nungguin supir (maklum, di Singapore jaman masih esempe dulu). Di dekat aku dan adikku ada seorang cowok bule yang cukup ganteng, lah, (maklum, bule!). Mendadak iseng, aku dan adik ngerumpiin cowok itu keras-keras sambil cekikikan. Tipe ABG ga sopan and norak, ya begitulah.

Jadi malu, karena pernah norak juga ternyata!

Si cowok cuma diem tidak berkutik tapi bukan tidak bernyawa loh. Mungkin jengkel mendengar cekikian kampung kami berdua. Pasti dia tau lagi dirumpiin ma anak-anak yang baru tamat esde ini.

Saat kami boleh masuk bis, aku dan adik kepengen duduk bareng di belakang. Melihat si mas bule yang sudah duluan di belakang, tapi kok masih ngerapiin barang-barangnya di rak atas sana, mendadak bikin aku ingin bertanya.

“Excuse me, where do you wanna sit, Sir?” tanyaku sok ramah pake bahasa Inggris kepadanya.

Si mas melirikku sebentar, terus dengan santainya menjawab, “di belakang”.

Wuih! Aku nyaris melompat mendengar jawabannya. Apalagi saat itu aku ingat betapa ndesonya kami berdua telah cekikian norak menertawakan dia!

Toh, makanya, ati-ati kalo ada bule!

Perth,

gambar diunduh dari dreamstime.com