Friday, September 4, 2009

Body Clock


Percaya kan, kalau jam tubuh berpengaruh pada performance/kinerja kita sehari-hari? Konsep ini sepertinya bisa kita gunakan supaya lebih efisien dan efektif.

Chronobiology (chrono = time, biology = body) adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana jam tubuh dapat mempengaruhi kesehatan dan kinerja kita sehari-hari. Chronobiologist telah banyak melakukan riset penting untuk mengetahui hubungan antara kondisi tubuh, prime time dan smart time dalam melakukan suatu kegiatan agar berhasil dengan baik. Para atlit umumnya menggunakan jasa chronobiologist ini untuk mempelajari waktu-waktu terbaik mereka dalam exercise maupun bertanding.

Menurut para chronobiologist, sebagai seorang student/employee, kita perlu belajar cara mengoptimalkan potensi atau memperbesar peluang sukses kita berdasarkan jam tubuh. Misalnya, waktu terbaik untuk mengerjakan sesuatu yang sulit, perlu konsentrasi tinggi, menghadapi sesuatu atau orang menyebalkan adalah pukul 9 pagi- 12 siang. Saat-saat ini kita memiliki short term memory, logical reasoning, alertness dan motivasi yang tinggi. Sedangkan waktu terbaik untuk job interview adalah pukul 10 pagi. Pada waktu ini, tekanan darah kita sudah mulai naik perlahan-lahan, sehingga kita berada dalam kondisi paling fit dan bisa menghadapi sesuatu yang sulit dihadapi. Para interviewer mengatakan, bahwa mereka sering menemukan potential applicant pada saat-saat seperti itu. Jadi, jangan datang pukul 3-5 sore untuk interview, karena saat itu para interviewer sudah capek.

Pada waktu siang dan sore hari, biasanya long term memory kita akan mencapai puncaknya. Jadi, saat ini merupakan saat terbaik untuk belajar dan melakukan riset atau hal-hal kreatif lainnya. Jika kita mau melakukan suatu pekerjaan yang monoton atau boring, pilihlah waktu untuk mengerjakannya antara jam 3-4 sore.

Lalu kapan tubuh kita mulai turun performancenya? Pukul 4 sore biasanya lebih banyak orang sudah kelelahan dan mulai menurun konsentrasinya. Coba jangan dekat-dekat dengan orang yang sudah kelelahan, siapa tau jadi kebagian omelan ga enak. Suhu tubuh lalu biasanya mulai turun antara jam 2-4 siang, oleh sebab itu kita kadang mulai mengantuk, browsing terus atau tergoda main game.

Oleh karena itu, kita perlu mengatur waktu sesuai kondisi tubuh, agar semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik dalam sehari.

Kuncinya:

Lakukan kegiatan yang paling gampang, saat tekanan darah meningkat dan konsentrasi kita mulai menurun (pukul 3-4 sore).
Lakukan kegiatan sulit, saat tekanan darah sedang naik perlahan-lahan dan konsentrasi sedang tinggi, yaitu pagi hari (pukul 9-12 siang).

Don't you know? Ternyata saat terbaik menelpon supplier, meeting dan konsultasi adalah waktu pagi hari. Rahasianya: saat itu orang paling mudah bersosialisasi, sehingga hal-hal yang berhubungan dengan interaksi dengan orang lain bisa lebih mudah diselesaikan.

Makanya kalau mau minta bantuan teknisi, ketemu supervisor, pak camat atau 'orang sulit' lainnya, do it as earlier as possible, sekitar jam 9-10 pagi. Dijamin, mereka akan berusaha membantu kita secepat mungkin. Tetapi jangan datang ketemu mereka di atas jam 3 sore. Mereka kadang ga mau bantuin, sulit diajak diskusi atau malas ditemui.


Perth,
Most women get their periods between 6am and midday... (need more research, ni!)