Sunday, September 13, 2009

Kapan bisa fokus dengan Ramadhan?

Salah satu cita-citaku, Ramadhan berikutnya mau rajin-rajin shalat malam, tadarus, tarawih, baca buku-buku agama, berdzikir, etc... Intinya mau banyak beribadah, biar tercuci semua noda-noda yang bubbling di sekeliling tubuh dan jiwaku ini.

Tapi ahh, tampaknya Ramadhan yang sedang berkunjung kali ini bisa-bisa sama dengan Ramadhan lalu.

Kerjaan riset masih menumpuk. Aku kurang memperhitungkan waktu delay material dan tenaga kerja yang membantu sehingga time tableku jadi molor semua sampai Ramadhan ini. Mau distop dulu, time is very critical. Sedikit saja 'meleng' dari lab, sudah terjadi delay, kehilangan kesempatan dan mungkin juga jadwal penggunaan alat/barang. Pendeknya, aku harus selalu 'siaga' dengan segala kebutuhan riset, tetap mondar-mandir urus ini-itu, sehingga sering kelelahan saat shalat Tarawih malam hari.

Oh, aku tak mau Ramadhan berlalu tanpa kesan. Aku ingin sekali saat Idul Fitri nanti merasa bahagia karena telah 'bekerja keras' di bulan Ramadhan. Mau rajin beribadan sunnah, tadarus, mendengarkan tilawah, membaca tafsir, berdoa minta Allah menggugurkan dosa-dosa, jadi a new born lagi di hari fitri...

Tapi setidaknya, bacalah bacaan ini tiap selesai shalat. Walaupun menurut hadist, bacaan ini dibaca Rasulullah saat malam Lailatul Qadar:
اَللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
"ya Alloh sesungguhnya engkau Maha pemaaf, engkau senang memaafkan kesalahan maka maafkanlah aku."

Doa yang barokah ini sangat besar maknanya dan mendalam penunjukannya, banyak manfaat dan pengaruhnya, dan doa ini sangat sesuai dengan keberadaan malam lailatul qodar. Karena sebagaimana disebutkan di atas malam lailatul qodar adalah malam dijelaskan segala urusan dengan penuh hikmah dan ditentukan taqdir amalan-amalan hamba selama setahun penuh hingga lailatul qodar berikutnya. Maka barangsiapa yang dianugerahi pada malam tersebut al 'afiyah ( kebaikan ) dan al'afwa ( dimaafkan kesalahan) oleh Robbnya maka sungguh dia telah mendapat kemenangan dan keberuntungan serta kesuksesan dengan sebesar-besarnya. Barangsiapa yang diberikan al afiyah di dunia dan di akherat maka sungguh dia telah diberikan kebaikan dengan seluruh bagian-bagiannya. Dan tidak ada yang sebanding dengan Al 'afiyah tersebut. (From Shalat Tahajjud Group, FB).

Perth,
Ramadhan ini, janganlah cepat berlalu, walaupun tinggal beberapa hari lagi...

No comments: