Monday, September 28, 2009

Tour de Campus


Jadi dosen yang kerjaannya kampus to kampus, maksudnya belajar di kampus, kerja di kampus, balik lagi riset di kampus, aku dan hubby berusaha develop habit baru yaitu tour de campus di daerah/negara baru yang kami kunjungi. It's just untuk membandingkan dengan apa yang kami ketahui saat ini, dari berbagai segi, misalnya lay out bangunan, fasilitas library, keunikan suasana belajar di kampus, etc.


Saat pertama kali diajak ikutan tour de campus rasanya aneh dan lucu. What's for?

Ternyata punya hubby yang 'cowok kampus abis' begini bikin mata lebih terbuka. Menurut hubby, melihat fasilitas kampus dan riset (maklum, orang lab) di universitas lain, membantu kita mengetahui kelebihan kampus tempat kerja kita dan kekurangannya. Jadi begitu kembali ke kampus tempat mengabdi, kita punya segudang ide cara memperbaiki hal-hal yang perlu ditingkatkan. Tidak hanya menunggu suruhan dari atasan, karena kita udah experience sendiri di kampus-kampus lain tersebut.


UNIVERSITI TENAGA NASIONAL (UNITEN, MALAYSIA)
First uni yang pernah kami kunjungi berdua, adalah Universitas Tenaga Nasional, Kuala Lumpur. Lokasinya di dekat Putrajaya, Bangi. Kampusnya besar sekali, dan semua terlihat lengkap, lab, asrama mahasiswa, kantor rektorat, fakultas, etc. Berhubung kita sudah telat sampai di kampus tersebut, jadi tidak ada acara visiting jurusan Teknik Sipil dan labnya. Padahal aku sudah menunggu-nunggu ingin melihat peralatan dan riset yang mereka lakukan. In general, kampusnya bagus, tertib, rapi, dan besar, bisa kita tiru di Univ Riau nanti.



HO CHI MINH UNIVERSITY OF TECHNOLOGY, VIETNAM
Uni kedua, yaitu Ho Chi Minh University of Technology. Tujuan kami adalah Concrete Lab Civil Engineering Department untuk melihat riset beton geopolimer di lab tersebut.




Berhubung mereka punya banyak research student (undergrad and master), aku jadi punya banyak kesempatan tanya-tanya dan keliling-keliling ditemani students tersebut. Mereka sangat kooperatif dan mau menjelaskan cara penggunaan alat, proses riset dan berbagai info menarik lainnya.






Yang paling menarik, mereka punya berbagai alat, walaupun dalam skala mini (bukan large scale), dan sangat berguna untuk skala trial mix. Kalau begitu, kita tidak perlu buat material dalam jumlah besar, hanya secukupnya saja dan bisa dites semua propertiesnya (strength and durability).




UNIVERSITY OF NEW SOUTH WALES, AUSTRALIA
Kunjungan ketiga, yaitu UNSW, jurusan Civil Engineering.



Sebenarnya aku tidak sempat buat appointment dengan siapapun.






Tetapi kami bisa menikmati library yang gratis, suasana kampus yang super nyaman, bersih dan teratur. Akan jadi berarti lagi kalau aku bisa melongok lab mereka yang terkenal.





Tiap level di bangunan Jurusan Teknik Sipil, terdiri atas berbagai ruangan lab, ruang serbaguna dan ruangan dosen satu KBK. Seru banget rasanya melihat nama-nama famous yang biasanya kita temui di jurnal saja.




UNIVERSITY OF SYDNEY, AUSTRALIA
Kunjungan keempat, ke University of Sydney. Uni ini punya bangunan kuno heritage jaman dulu yang sama suasananya dengan di UK. Aku sempet seneng bisa experience lagi perasaan masuk gedung kuno di UK di university ini.




Quadrangle lawnnya, very famous di prospectus Uni Sydney. Bentuk bangunan yang kuno, mahasiswa yang banyak dan suasana kampus nyaman untuk aktivitas seputar kampus, benar-benar jadi pengalaman indah mengunjungi Uni Sydney.




Kita sempat shalat di Islamic Prayer Room yang lega dan luas. Rupanya UniSyd concern juga dengan agama kita. Di salah satu tempat makan ada penjual kebab yang kiosnya gede banget dan dikunjungi banyak student untuk lunch.




Kita juga mengunjungi area Engineering yang rame dan aaahhh, keren abis ini! Aku paling suka park ini. Capek-capek abis baca paper, kita bisa duduk nyantai contemplating di sini.




Aku juga sempet melongok lab beton mereka. Banyak kerjaan juga, ya:)




Akan ada banyak kunjungan lagi, I hope, Insha Allah, di masa mendatang. Mudah-mudahan apa yang kita lihat dan alami bisa dialami juga oleh students di Univ Riau nanti. World class campus dengan academic environment and library untuk menunjang teaching and research... Amin.

Perth,
Boleh PhD lagi, ga di UNSW?:)

No comments: