Friday, September 25, 2009

Gadget freak!


Kebayang tidak sih, saat ini hidup tanpa kamera digital, ha-pe, netbook, internet, mp3, hard disk, sampe nintendo game? Btw, aku belum punya nintendo,., tapi udah ada dalam my wish list, termasuk libri untuk baca e-book!

Kalo bepergian sekarang, aku perlu siapin ruang khusus dalam my backpack untuk netbook, mp3, hp, USB thumb drive dan kamera digital. Udah tidak bisa lagi lenggang kangkung bawa tas cantik ke sana-sini karena bawaan seabreg begitu. Biasanya ada peralatan cantik-cantikan (minimal mosturiser atao bedak powder), buku, walkman (alamak, gedenya, belum lagi bawa kaset-kasetnya, hihihi) kok sekarang kayaknya kurang relevan ya, untuk bercantik ria tapi ga sempet akses informasi apa-apa.

Sifat informasi yang selalu dinamis dan berubah-ubah membuat kita perlu in touch and connect dengan berbagai gadget itu setiap saat. Apalagi kebutuhan dan cara apresiasi info diriku dan orang lain berbeda-beda karena kita memang beda secara individual. Ngaku kan, kalau sekarang lebih enak masuk ke cyber space dan menemukan berbagai info yang kita inginkan tanpa hassle tanya orang sana-sini. Mana sempet mo telpon mama dulu cara masak sate padang, misalnya. Easier cari di internet! Apalagi yang namanya GOOGLE search engine, tak habis-habis informasi bisa dicari di sana. Dari masalah agama, cinta, hot issues, tips travelling, paper, thesis, masak, semuanya one stop free shopping! So fast, efficient, effective dan kadang impactnya juga lebih besar daripada nanya orang atau baca buku dulu.

Sepertinya semua gadget diciptakan supaya semua kebutuhan bisa diakomodir sehingga bisa diakses lebih cepat, lebih banyak dan lebih ekonomis. Oleh sebab itu kita sering merasa ketinggalan suatu seri gadget, karena akan selalu muncul teknologi yang lebih murah dan canggih. So far, kita bisa punya berbagai seri gadget itu kan, karena lama-lama kita bisa dapatkan sesuatu yang canggih tapi harganya lebih murah dari beli awalnya. Misalnya aja ha-pe. Aku udah punya 3-4 handphone lama dari yang jadul, sampe touch screen sekarang. Still, aku masih ngidam yang bisa seperti komputer kecil atau i-phone segala.

So, mengapa kita jadi punya ’love affair’ dengan berbagai gadget itu? Itu karena berbagai hal berikut... Aku tidak bisa share isi my netbook atau pinjam my hubby laptop anymore, karena it’s too personal isinya. Iyalah, personal isi riset dan file yang mau dikerjakan juga beda, kenapa jadi share gini? Hubby juga ga mau pinjam my mp3, karena isinya lagu-lagu mellow and romantic yang notabene bukan his fave music. Aku juga ga akan pinjem ha-pe kamu, misalnya, soalnya isinya bukan buatku dan bukan my contact persons. Lebih jauh lagi, sekarang aku dan hubby pegang kamera sendiri-sendiri, karena tiap orang ngerasa punya taste sendiri dan beda cara taking photonya. Ga asik kalo tarik-tarikan kamera pas ketemu momen keren. So, this love affair ini, kelihatannya bukan karena kebutuhan saja, tapi karena sifat individual, personal taste and values yang dimiliki tiap orang.

Intinya, punya seabreg gadget itu tidak cuma memudahkan hidup kita dalam mendapatkan informasi. Tetapi juga membuat sifat individual kita semakin terpenuhi karena banyaknya gadget canggih yang bisa digunakan secara pribadi.

Kalau sudah begini, ati-ati... dompet yang bakal bolong terus... kebanyakan maunya sih!

Perth,
sedikit renungan soal gadget: mau beli sendiri atau share?

2 comments:

Your sista.. said...

Betul.. betul.. Mama pun skrg tak mau gadget yang kurang canggih dan dipakai bersama. Macam hp baru nya itu.. E63. Ckckck.. Mama sangat maju sekarang. Walopun operate nya banyak lupa daripada ingatnya. Kalo diliat fitur2nya. Do mama need open office ato wifi? Tapi next, maybe mama pun akan punya facebook. FYI, E63 itu mama minta sendiri loh setelah dijelaskan bahwa blackberry akan menguras pulsa mama.. Hihi.. Love gadget! Love this post.. :)

Monita Wibisono said...

alamak! kalo mama pun udah mulai gadget freak... gimana dong, sudah kalah jauh papa:) huahaha... E63, cepet banget ngetik smsnya sekarang, baru balas bentar, kok udah reply lagi:)