Thursday, October 8, 2009

Status kita di FES-BUG!



Aku baru beberapa bulan buka account di FB. Positifnya, bisa silaturrahmi sama teman-teman lama dan baru di cyberspace. Negatifnya, aplikasi game Fairyland ngabisin waktuku aja, buat catch wildlife and visit kebon-kebon orang!

Di FB kita kan bisa update what's on your mind. Kalau kuamati, ada berbagai tipe orang yang suka update statusnya.

Pertama, jelas-jelas suka pamer, misalnya, nulis:
"lagi di..." paling norak kalo "lagi di airport A..." cie, maksudnya lagi commute gituh? di airport?
kenapa ga ada yang update status kalo lagi di terminal angkot, misalnya, atau lagi di pasar becek... kurang keren, ya? Terus yang paling baru, misalnya "lagi di kota S... enaknya mampir di warung apa, ya?" ...pamer kalo lagi makan yang orang lain ga bisa makan, ya?

Kedua, yang suka complain remeh-temeh, misalnya... "lagi bosen, lagi ga tau mo nulis status apa," atau paling jengkel, "lagi sarapan/makan siang/etc..." Astaga, gini aja, kok diupdate. Itukan emang dialami semua orang. Kalo lagi bosen, mbok jangan bilang-bilang. Mencoba menyebarkan energi negatif ke seluruh penjuru dunia, ya, lewat status? Atau sebenarnya lagi nunggu ditanya dan dikomentari, aja?

Ketiga, yang selalu update berita terkini, kayak tivi atau radio aja. Kalo yang ini, aku suka juga baca status yang update peristiwa and berita-berita hot. Lumayan, bisa ngikutin berita gratis, cepet lagi, karena bisa share di FB.

Keempat, teman yang suka memberikan tausyiah atau menulis kalimat doa. Kita sering dapat update tausyiah, petuah, nasihat yang bagus-bagus. Ngingetin untuk beribadah, bersedekah atau berbuat baik, posting hadist and ayat Quran. Aku suka yang ini. Terutama saat Ramadhan, mereka selalu membantu mengingatkan kita dalam kebaikan.

Kelima, yang paling kusuka, kalo ada yang bikin komentar kocak bermutu hasil pikirannya sendiri. Beneran! Aku suka terkesan ma mahasiswa-ku yang super kocak abis, kalo bikin komen sepertinya hasil perenungan tingkat tinggi aja. Padahal cuman sesuatu yang simple and ada di sekitar kita sehari-hari. Keren!

So, impactnya,
teman-teman dari grup pertama dan kedua, biasanya, maaf ya, aku HIDE dari my wall.
Sedang teman jenis ketiga sampe kelima yang memberi pencerahan, selamat loh, tidak aku HIDE!

Berarti memang benar teori 'nature and nurture'. Kalau kita mau grow up dengan sikap positif, empati, knowledgeable, religious dan punya sense of humor yang smart, kita mesti pilih-pilih jenis update status teman yang benar.

Aku jarang update my status. Soalnya pengen bikin yang mutu, tapi gag bisa. So, nikmati status orang ajalah, yang penting diriku bisa jadi lebih positif!

Perth,
syukurlah ada option HIDE, jadi isi status bisa disaring:) hihihi...

No comments: