Sunday, March 20, 2011

Autumn at Curtin

Tulisan ini aku buat setahun lalu saat musim gugur datang di Curtin, Perth. Tahun ini, awal musim gugur, belum seindah dan sedramatis tulisanku di bawah ini. Just enjoy the incoming autumn view...


Saat ini malam semakin panjang, hari-hari lebih sering mendung, hujan sesekali mengguyur bumi Perth yang biasanya kering. Di sana-sini pohon-pohon mulai bertukar warna, yang biasanya hijau berangsur menjadi kuning dan merah. Indah dan romantis!


Seperti pohon mapple ini di depan building 314 ini, saat musim gugur tiba, mereka bersiap-siap mati suri di musim dingin karena mereka tidak dapat melakukan foto sintesis. Saat musim dingin, cahaya matahari tidak begitu banyak dan hujan lebih sering turun. Maka sisa-sisa glukosa (makanan) dalam sistem pohon-pohon mapple dikeluarkan lewat dedaunan, sehingga daun-daun tersebut berubah warna menjadi kuning, merah dan kering. Tak lama, mereka mulai jatuh berguguran. Subhanallah, betapa menakjubkan ciptaan Allah.



Lihatlah Virginia creeper yang merambat di dinding-dinding bangunan kampus (building 001, Engineering Research Student 2) yang selalu menarik perhatianku tiap aku berjalan kembali dari lab setelah bekerja dengan beton-betonku (gonna miss this view a lot!).



Atau saat aku berjalan ke kantor di suatu pagi yang dingin, mataku terbelalak melihat pemandangan spektakular ini. Virginia creeper membalut pohon pinus dengan luwesnya. Betapa menarik pemandangan langka ini! (lokasi, dekat building 500, SMEC).



Akupun suka tak sabar memetik daun Virginia Creeper yang memiliki lima helai daun ini. Sangat creepy, gampang copot!


Dari hari ke hari, aku melihat berbagai perubahan selama musim gugur di Curtin ini, selain angin bertiup lebih kencang, burung-burung sudah transmigrasi ke tempat yang lebih hangat, juga orang-orang mulai membalutkan syal ke leher mereka pertanda udara semakin dingin.

Akupun bergegas masuk kantor menatap layar komputerku, berusaha berkonsentrasi pada pekerjaanku. Alangkah indahnya musim gugur, tapi ah, mesti balik nulis nih!


Perth,
musim gugur yang mild di Curtin:)