Thursday, June 25, 2009

Winter datang lagi...


Satu musim yang ga pernah saya favoritin, ialah musim dingin. Gimana mau jadi favorit, walo bersyukur winter itu ada, soalnya, jadi males ngapa-ngapain. Tempat tidur jadi tempat favorit untuk nongkrong. Soalnya hangat. Apalagi kalo di bawahnya diberi heater blanket = selimut penghangat yang pake listrik, terus di atasnya pakai duvet/quilt = selimut tebal yang dari wol. Anget banget… dan bisa ga bangun2 lagi sampe subuh.

Kalo suhu sudah sekitar 12deg ke bawah, udah pada malas duduk di meja belajar. Saat inilah heater = penghangat ruangan dari listrik/gas perlu dinyalakan. Biasanya pakenya ga lama-lama. Selain berat di ongkos, juga kadang terlalu kering udara. Kalo ga pake, nanti malah sakit karena kedinginan. Jadi, seperlunya, kalo udah anget ruangan, ya matiin lagi.

Untuk menjaga kesehatan waktu winter, saya banyak makan buah yang mengandung vitamin C, misalnya Orange. Kemudian, banyak minum dan makan buah berserat tinggi lain, seperti apel. Buah-buahan winter biasanya tinggi kandungan karbohidrat dan serat, seperti pear, apel, orange. Soalnya buah2an itu mensuplai karbo ke tubuh untuk menambah energi, sehingga kita ga mudah kedinginan. Untuk anak-anak ato orang tua, ato kita yang ga tahan flu, biasanya sebelum winter, boleh kok minta vaksin flu di dokter. Kalo ga tahan, lebih baik minta vaksin. Soalnya kalo sakit, kan lama sembuhnya, abis tiap hari dingin.

Kalo winter gini, kita perlu rajin pake mosturiser di badan dan wajah. Cuci muka/wudhu jangan pake air yang terlalu panas, suam-suam aja ato dingin sekalian. Kalo ga, ntar kulit mudah kering, gatal pecah-pecah dan cepat keriput. Pelembab untuk badan, beli yang tidak terlalu mahal, tetapi kandungan pelembabnya tinggi. Vaselin kurang cocok di sini, terlalu kering. Untuk wajah, saya pake water-based mosturiser, seperti SIMPLE (merknya gitu).

Tapi, di tengah kerepotan waktu winter, serunya ya, kalo tidur, ga perlu kipas angin… hehehe… Sama, kok Indomie kari ayam anget2, rasanya jadi enaaaakkkk sekali ya…

Perth
Winter di Perth memang ekstrim, pagi 2 derajat, siang kok 18 derajat? 

No comments: