Thursday, June 4, 2009

The Alchemist (3)


Lesson no 3

“If you start out by promising what you don’t even have yet, you’ll lose your desire to work toward getting it”

I bet this is true. Sebab itu saat berjuang mendapatkan sesuatu, kita perlu humble, ga sombong atau pamer sana-sini. Jangan janji-janji ke orang saat kita belum dapat sesuatu. Soalnya saat berjuang, kita akan kehilangan keinginan untuk berusaha mendapatkannya. Kita berpikir, yah, kerja capek-capek, kok buat dia hasilnya? Ya kan? Misalnya yang kecil-kecil aja deh, kita berjanji mo traktir teman sekampung kalo kita dapat bonus dalam mengerjakan sesuatu. Begitu kita mengerjakan, kita jadi agak kurang semangat, soalnya kita tau, abis ini kita mesti traktir geng sekampung tadi. So, nambahin beban banget, kan?

Be quiet, jangan bermimpi-mimpi dan berjanji dulu. Just kerjakan dan saat sudah dapat, baru lakukan sesuatu. Kadang aku suka too excited kalo seperti dapat sesuatu yang besar, terus bilang ke ortu, misalnya. Eeeh, setelah dibilang, kok sepertinya kurang greget lagi tuh, tentang hal tersebut. So? Untung aja bilangnya setelah dikerjakan, bukan sebelumnya. Jadi ga ada bedanya, karena sekarang tinggal mendapatkan rewardnya aja.

Terus, kalo kita ga janji-janji/bilang-bilang, mungkin kita lebih excited mengerjakannya. Lihat postingan aku tentang ”I like to keep it quiet”.

Perth,
will be continued…