Wednesday, May 6, 2009

Beasiswa (2)


Selanjutnya dalam berburu beasiswa, kita perlu memiliki beberapa sikap seperti ini...

’Sikap’ yang wajib kita punya:
a) Berniat yang keras dan ikhlas. Rezeki beasiswa ini milik Allah... Jika kita tidak sungguh-sungguh berniat baik mendapatkan beasiswa, maka Allah Maha Tahu tidak akan mengabulkan keinginan kita. Hindari sikap asal-asalan dan berniat hanya supaya tidak kalah dengan orang lain... Kita sendiri tahu, konsekwensi mendapat beasiswa itu, adalah kerja keras berikutnya demi membantu orang banyak. Itu, yang diinginkan pemberi beasiswa... jadi usahakan niat kita baik, bersih, keras dan ikhlas.

b) Rajin berburu informasi. Paling mudah memang bertanya pada orang yang pernah dapat. Tapi perlu lihat-lihat juga... karena lebih asik sebenarnya cari sendiri. Minta saja link yang dibutuhkan, baca, pahami dan coba telusuri lebih jauh. Kadang apa yang kita cari, belum tentu dapat diakomodir orang, karena punya background situasi berbeda. Hanya diri kitalah yang tahu, apa yang kita butuhkan dan kita perlu lakukan.

c) Jangan terlalu hitung-hitungan uang. Untuk browsing internet, beli bahan test TOEFL, kontak orang-orang, tes TOEFL, legalisir ijazah, kirim aplikasi... needs money. Bahkan untuk interview, kadang kita perlu keluarkan uang banyak, karena tidak dilaksanakan di kota kita. Anggap aja investasi. Kita keluarkan 10 juta, tapi dapat beasiswa 1.5 miliar rupiah... memang ga kembali modal?

d) Tidak perlu cari short cut. Jaman jalan pintas seperti ini benar-benar minta ampun deh, macam-macam yang dilakukan orang. Never.... don’t do it... Jika kita memang layak, Allah akan memberi ’undangan’ itu kepada kita. Tapi jika kita tidak layak, coba introspeksi... lalu kerja keras biar layak. Ada kejadian seseorang yang sampai hati memanipulasi nilai TOEFL agar dapat beasiswa. Beasiswa dapat, tapi karena dengan jalan ga halal, alhasil, orang tersebut mengalami kesulitan dalam studi dan tidak sukses. Makanya, jangan bayar siapapun atau apapun...

Begitulah kira-kira yang bisa saya share dari pengalaman berburu beasiswa. Itu baru first step... lain lagi ceritanya jika kita dipanggil interview. Setelah loncat-loncat tinggi... cari info lagi cara mempersiapkan interview...

Perth,
Semua itu tergantung niat…

No comments: