Friday, May 22, 2009

Blog, blog... oh blogging...


Satu hobi baruku ni, blogging.

Ternyata menulis di blog itu seru ya. Soalnya setelah ditulis bisa langsung dipublish. Penuh kesempatan untuk menuangkan pikiran, ide, cerita-cerita, etc. Walaupun tulisanku masih belum professional gitu, tapi tiap tulisan kuusahakan berguna bagi yang membacanya. Itukan salah satu hal bermanfaat yang bisa kita kerjakan, yaitu ’menulis tulisan yang bisa menjadi obat penawar bagi pembacanya’.

Btw nih, beberapa sumber tulisanku berasal dari hal-hal yang kubaca dan kumodifikasi sendiri dengan contoh-contoh pengalaman pribadi. Biasanya topik tulisan diambil dari percikan ide yang muncul tiba-tiba dan di mana saja karena melihat atau memikirkan sesuatu. Selain itu pengalaman pribadi juga jadi hal menyenangkan untuk ditulis. Tak lupa pendapat pribadi dan moral yang aku yakini dalam hidup ini.

Positifnya, semakin banyak menulis, makin semangat kita membaca segala sesuatu dan menganalisis poin-poin penting informasi yang kita baca. Kita juga makin mudah mengingat poinnya dan mengamalkan moralnya dalam hidup. Sering kita dapati bahwa salah satu masalah dalam menulis, yaitu kemampuan kita yang kurang dalam menganalisis dan mensintesis suatu permasalahan sehingga dapat diambil kesimpulannya. Kesimpulan itu yang kita perjelas dalam bentuk tulisan dengan tambahan contoh-contoh dan pengetahuan kita. Pada akhirnya, jadilah tulisan itu bisa menggugah pembaca karena telah melalui suatu proses yang membuatnya menjadi sarat makna.

Kata buya Hamka, kalo menulis itu, first attemptnya tulis hasil pikiran kita sendiri. Baru setelah itu ditambah dengan referensi dari buku-buku atau apa saja. Waktu menulis sebaiknya diusahakan seperti kita berbicara kepada seseorang. Jadi yang membaca merasa seperti diajak dan diperhatikan. Kemudian, dari tulisan bisa terbaca apakah kita memang tulus mengajak, menggugah orang atau hanya sekedar say hello saja. Untuk menghasilkan tulisan bermutu, jangan lelah mengedit tulisan. Kadang-kadang di perjalanan awal penulis, kita perlu mengedit tulisan kita berkali-kali. Tapi kalau sudah diedit berkali-kali dan masih terasa kurang sip, mending ditunda dulu lalu kembali lagi bulan depan (jangan tahun depan, ya).

Walaupun blogku masih muda umurnya, mudah-mudahan apa yang ditulis bisa lama manfaatnya.

Asiknya lagi, aku ga memasang dialog box comment, karena tidak ingin ada komentar. Biarlah orang menikmati tulisanku tanpa harus mengomentari apapun. Kan sama dengan baca majalah, ga ada dialog boxnya cuman surat pembaca. So, kalo mo comment, langsung email saya ya... hehehe...

Walo jadi sedikit norak karena pake nulis tulisan ini, tapi aku cuma mo bilang... senang bisa berbagi lewat blog!


Perth,
Hidup blogging!!!